Cara Menjaga Kesehatan Mulut Agar Tetap Sehat

Mulut merupakan salah satu hal penting yang sangat berguna di dalam kehidupan kita. Mulut menjadi penerima pertama saat kita makan.

Dimana makanan tersebut nantinya akan berguna dan diserap oleh tubuh kita dan menjadi tenaga bagi kita untuk menjalani keseharian.

Karena itulah, kesehatan mulut merupakan hal penting yang harus kita jaga. Karena, kesehatan mulut bisa membantu kalian terhindar dari berbagai penyakit.

Bukan hanya bau mulut tidak sedap atau gigi berlubang tapi juga serangan jantung, diabetes, stroke, maupun persalinan premature.

Seperti area lainnya pada tubuh manusia, mulut juga mengandung bakteri yang biasanya tidak berbahaya.

Terawatnya kesehatan mulut dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur bisa menjaga bakteri-bakter dalam mulut tetap terkontrol.

Sebaliknya, jika kesehatan mulut tidak terjaga, bakteri tersebut bisa berkembang tidak terkendali dan menyebabkan infeksi pada muut seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Kesehatan mulut, khususnya air liur bisa memberikan banyak informasi pada dokter untuk mendeteksi gejala-gejala awal dari penyakit yang menyerang sistem tubuh.

Nah, untuk kalian yang saat ini ingin menjaga kesehatan dan kebersihan mulut agar tetap terjaga, di bawah ini kami akan memberikan cara dan tipsnya.

1.Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras dan Sikat Dua Kali Sehari

Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras dan Sikat Dua Kali Sehari

Sikat gigi bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada pada gigi. jika dilakukan terlalu keras, maka gesekan sikat gigi bisa mengikis enamel gigi yang tipis.

Selain itu, gesekannya juga bisa saja merobek gusi. Menyikat gigi perlu dilakukan dengan hati-hati dan lembut hingga ke sela-sela gigi.

Jika dilakukan dengan tidak benar, plak gigi malah akan bertambah dan menyebabkan peradangan pada gusi.

Karena itulah, menyikat gigi sebaiknya dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar selama dua menit.

Selain itu, menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Yaitu setelah bangun pagi dan sebelum tidur.

Hal ini berguna untuk menghilangkan kuman serta sisa-sisa makanan yang menumpuk sepanjang hari.

Bukan hanya gigi, kalian juga dianjurkan untuk menyikat lidah untuk menghilangkan kuman dan sisa makanan yang menempel pada lidah.

2.Gunakan Pasta Gigi Dengan Kandungan Fluoride dan Banyak Minum Air Putih

Gunakan Pasta Gigi Dengan Kandungan Fluoride dan Banyak Minum Air Putih

Fluoride merupakan unsur alami yang ada pada air minum serta makanan yang dikonsumsi. Zat ini lalu diserap tubuh untuk menguatkan enamel gigi.

Selain itu, zat ini juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman penyebab kerusakan gigi dengan perlindungan alaminya.

Banyak minum air putih juga penting karena penumpukan pada bakteri di mulut bisa dihilangkan dengan megonsumsi air putih.

Apalagi untuk kalian yang suka mengonsumsi makanan dan minuman manis yang bisa merusak gigi dengan cepat.

Rasa asam yang ada di dalam makanan tersebut bisa menumpuk bakteri pada mulut kemudian menyebabkan plak yang menjadi pemicu berbagai masalah pada mulut dan gigi.

Dengan mengonsumsi banyak air putih, sisa-sisa makanan pada mulut dan sela-sela gigi juga bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Selain itu, air putih juga bisa membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari makanan dan minuman manis yang kalian konsumsi.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kalian lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mulut. Yang terpenting adalah menjaga mulut tetap bersih dan tidak mengonsumsi makanan yang kotor serta mengurangi rokok.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin menjaga kesehatan mulut tetap baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *