6 Tips Menjaga Kesehatan Bayi, Calon Ibu Wajib Tahu!

Setiap ibu pastilah ingin memiliki buah hati atau bayi yang sehat. namun, dalam beberapa alasan yang membuat kesehatan sang bayi terganggu adalah kurang terjaganya kebersihan di sekitar bayi.

Apalagi sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah dan hal ini membuatnya sangat rentan terhadap infeksi.

Untuk mencegah hal ini terjadi, para ibu wajib memperhatikan tips-tips menjaga kebersihan yang berujung pada perlindungan terhadap kesehatan bayi.

Lalu, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan bayi mu? Yuk simak di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Saat bayi keluar dari Rahim ibunya, ia akan mengalami pergantian suasana di sekitarnya. Jika sebelumnya ia merasa hangat dan terlindungi di dalam sana, kini ia harus menghadapi dunia luar dengan banyak suara dan udara yang lebih dingin.

Bayu baru lahir pasti sedang menghadapi masa transisi. Maka dari itulah, tak heran jika kesehatan bayi di usia ini sedikit lebih rentan dibanding bayi yang usianya lebih tua.

1.Mencuci Tangan

Mencuci Tangan

Setiap kali kalian akan menyentuh bayi, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Karena, walau tak terlihat tangan pasti membawa berbagai macam penyakit bahkan virus yang bisa menyerang bayi saat kalian menyentuhnya.

Hal yang sama juga berlaku setelah kalian menyentuh bayi, seperti memberi makan atau bahkan mengganti popoknya.

2.Mensterilkan Botol Susu

Mensterilkan Botol Susu

Jika sang bayi mendapatkan susu dalam botol, penting untuk mensterilkan botol susu dengan benar. Merebus botol dalam air merupakan cara yang tepat untuk mensterilkan botol susu.

Cara ini bisa membunuh sebagian besar kuman yang berbahaya bagi sang bayi. Perlu diingat, cara ini hanya bisa digunakan untuk botol yang terbuat dari kaca.

Bagi botol plastic, cara ini tidak dianjurkan kecuali bahan yang digunakan memang aman untuk air yang mendidih.

3.Membersihkan Mulut Bayi

Membersihkan Mulut Bayi

Bayi memang benar tidak memiliki gigi. Namun bukan berarti kamu boleh mengabaikan kebersihan mulutnya.

Karena mulut sang bayi masih sangat halus dan sensitive, gunakanlah kain lembut untuk membersihkan mulutnya.

Cara ini akan membantu kalian membersihkan sisa makanan yang tersisa dalam mulutnya. Cara ini juga cukup efektif untuk mencegah infeksi jamur pada lidah sang bayi.

4.Mengganti Popok

Mengganti Popok

Hal ini bisa dibilang merupakan hal yang paling jarang diperhatikan oleh sang ibu. Rajin memperhatikan popok si bayi akan membantu mereka terlindungi dari infeksi.

Jangan biarkan popok bayi semalaman, karena hal ini bisa membuat bayi rentan terinfeksi saluran kemih dan ruam.

Gantilah popok sesering mungkin, terutama setelah mereka membuang kotoran dan jangan biarkan sampai popok terlalu penuh karena air pipis.

5.Memandikan Bayi

Memandikan Bayi

Dalam hal ini, kalian bisa melakukannya dengan membersihkan tubuh bayi dengan kain yang lembut atau langsung memandikannya.

Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama pada tubuh bayi. Karena hal ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan tubuh mereka.

6.Kebersihan Payudara Ibu

Kebersihan Payudara Ibu

Ini juga seringkali diabaikan oleh ibu. Ingat, tubuh kalian akan berkeringat dan kalian juga meletakkan beberapa bahan kimia pada tubuh seperti parfum dan deodroan.

Membersihkan putting susu sebelum menyusui adalah cara yang tepat untuk melindungi bayi dari penyakit. Bersihkan dengan menggunakan kain basah yang hangat.

Itulah 6 cara dan tips untuk selalu menjaga kebersihan agar kesehatan bayi tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *