Uncategorized

GARAM PUNYA BANYAK MANFAAT BAGI KESEHATAN, SUDAH TAU?

Garam bukan hanya sebagai bumbu yang biasa di pakai untuk masakan, tapi kehadiran garam ini sangat berguna bagi tubuh loh. Garam bisa sebagai obat untuk meredakan beberapa penyakit yang menyerang tubuh manusia. Biasanya garam ini dibuat sebagai larutan air garam, meskipun rasanya asin tubuh pun membutuhkan asupan garam.

Mungkin kebanyakan orang hanya menggunakan garam sebagai bumbu dapur untuk menciptakan rasa yang lebih asin atau digunakan sebagai pengawet ikan. Padahal ada banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh loh, apa saja? Simak ya!

1.Sebagai obat kumur

Salah satu cara utama yang bisa dilakukan ketika sedang sakit gigi yaitu dengan cara kumur dengan air garam. Air garam ini bisa berfungsi untuk meredakan infeksi, dan bisa menjaga kebersihan area gigi dan mulut. Air garam juga bisa membantu untuk mencegah timbulnya bakteri yang ada di mulut, serta bisa mengempeskan gusi yang bengkak. Setelah menjadi obat kumur, langsung dibuang ya jangan di telan, dan ulangi hingga 2 sampai 3 kali kumur-kumur.

2.Mengatasi sinus

Setiap penderita sinus memang kondisinya gak pernah enak. Sinus ini akan terasa seperti flu yang tak kunjung henti, dimana terdapat lendir di dalam hidung. Salah satu cara untuk mengurangi atau menghilangkan lendir di hidung yaitu dengan dicuci pakai air garam. Nantinya garam tersebut akan membunuh bakteri dan membuat hidung lebih bersih dan nyaman. Jika kamu takut melakukannya, cobalah untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis THT.

3.Mencegah Gondok

Setiap tubuh manusia butuh kandungan yodium. Jika seseorang kekurangan yodium, bisa memicu terjadinya penyakit gondok karena kelenjar tiroid yang membengkak akibat meminta tubuh untuk selalu produksi hormone tiroid. Sehingga bila asupan yodium kurang, pembengkakan bisa terjadi dan berakhir menjadi gondok. Hormon tiroid ini juga sangat penting bagi perkembangan tubuh, khususnya anak-anak.

4.Mencegah Hiponatremia

Hiponatremia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan garam. Bila seseorang mengalami penyakit ini, tubuh akan mengeluarkan cairan berupa diare dan keringat. Kondisi ini juga bisa disebut dengan intoksikasi air. Untuk mencegahnya, tubuh harus dapat asupan garam yang pas, bila tidak tubuh akan mengalami pembengkakan karena tidak berfungsinya saraf dan otot.

5.Membersihkan Luka

Membersihkan luka memang baik jika menggunakan air yang mengalir atau menggunakan alkohol untuk mematikan bakteri yang menempel. Namun jika tidak ada alkohol, cobalah untuk larutkan garam dan pakai untuk membersihkan luka. Jangan langsung di siram begitu saja, tapi kamu bisa gunakan kain kasa yang telah di basahi dengan larutan garam. Setelah itu oleskan pelan-pelan ke bagian yang terluka, dibilang perih memang iya tapi kulit pun bisa bebas dari bakteri.

6.Membersihkan area tindikan

Air garam bisa berfungsi sebagai pembersih bagian yang bekas di tindik. Kamu bisa membuat larutan ini dengan menggunakan air hangat. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu kapas atau kain yang bersih dan celupkan ke dalam larutan. Lalu bersihkan bagian yang di tindik secara berkala misalnya seminggu sekali atau seminggu dua kali.

7.Menjaga sistem pencernaan

Bagi yang sedang menjalani diet, harus bisa mengontrol kadar garam yang masuk ke tubuh karena jangan sampai tubuh tak mendapatkan garam sama sekali. Bila seseorang kekurangan garam apalagi punya masalah terhadap pencernaan, justru bisa membuat asam lambung menjadi naik. Asupan garam memang penting karena tubuh gak bisa menghasilkan HCL sebanyak yang diperlukan, sehingga peran garam ini tetap berguna bagi kesehatan asalkan kamu tahu batasannya.

Itulah 7 manfaat dari garam, kalau belum yakin untuk melakukannya jangan di paksakan! semoga membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *