Kesehatan Jasmani

KENALI PENYEBAB MUNTAH DARAH SAAT HAMIL

Hamil merupakan kenikmatan dan anugrah dari Tuhan yang tak bisa tergantikan oleh apapun. Namun dibalik itu, kondisi hamil tak selalu berjalan mulus. Banyak kejadian-kejadian yang menimpa ibu hamil, meskipun tak semua akan merasakannya.

Setiap kondisi ibu hamil pun berbeda-beda, ada yang sangat menikmatinya ada pula yang mengalami berbagai macam kejadian yang tak mengenakan. Sehingga moment tersebut menjadi moment yang akan selalu di kenang. Salah satu kejadian yang mungkin sangat tak biasa yaitu muntah darah. Hal ini bisa saja menimpa para ibu hamil, meskipun jarang terjadi.

Jika muntah atau merasa mual itu adalah hal yang sangat wajar, karena ada beberapa ibu hamil yang sangat sensitive apalagi pada indra penciumannya. Terkadang muntah biasa pun bisa terjadi karena adanaya perubahan hormon. Tapi apa jadinya jika yang keluar dari mulut adalah muntah darah? meskipun tidak terlalu membahayakan, tapi harus tetap aware dengan kondisi diri dan juga pada janin

Untuk itu perlu diketahui, mengapa bisa terjadi muntah darah?

1.GERD

GERD ini bukan hanya bisa dialami oleh penderita yang maag saja, tapi GERD ini bisa terjadi juga pada ibu hamil. Untuk yang belum tahu, GERD ini merupakan gejala atau kondisi lambung yang sedang radang. Penyebabnya pun bermacam-macam ada yang karena bakteri, merokok, minum kopi yang terlalu strong hingga alcohol.

GERD yang muncul tiba-tiba bisa bergejala pada uluh hati yang perih dan jika sudah seperti ini maka akan  memicu muntah darah yang diawal dengan uluh hati yang perih. Lambung yang kosong juga bisa memicu terjadinya GERD karena ketidakstabilan hormone.

2.Dehidrasi

Kondisi ibu hamil tidak boleh kekurangan cairan, makanya banyak yang bilang bahwa minum air yang banyak ketinggal sedang hamil itu sangat penting. Karena jika cairan di tubuh kurang, maka bisa memicu keluar dari hati.

3.Makan terlalu banyak

Makanan memang sangatlah penting bagi ibu maupun janin. Namun perlu diperhatikan juga asupan yang masuk apa saja dan sebanyak apa. Apalagi jika sudah memasuki trimester kedua, ada beberapa makanan yang sulit untuk dicerna, makanan seperti inilah yang bisa membuat sang ibu muntah.

4.Keracunan

Asupan makanan saat sedang hamil sangat perlu untuk diperhatikan. Pastinya antara ibu dan janin ingin memiliki asupan nutrisi yang cukup agar sang ibu tetap sehat dan Janin bisa berkembang dengan normal. Tapi terkadang ibu hamil memakan apapun yang dirasa enak. Padahal belum tentu semuanya bernutrisi, malah bisa jadi ada yang keracunan. Keracunan inilah yang akan menggangu sistem pencernaan dan sudah pasti berbahaya. Jadi lebih baik makanan yang memang benar-benar sehat, sudah jelas kandungannya dan jangan makan sembarangan yang bisa memicu alergi.

5.Konsumsi obat

Ada sebagian obat yang bisa melukai lambung ketika sedang hamil seperti aspirin dan ibuprofen. Obat-obat tersebut cenderung membuat lapisan lambung menjadi tipis sehingga membuat iritasi.

6.Sirosis

Sirosis atau kerusakan hati biasanya disebabkan oleh kebiasaan minum alkohol. Ada pula penyebab lain seperti darah yang terlalu banyak mengandung besi. Hal inilah yang menyebabkan pembulu darah menjadi lebar dan membuatnya pecah. Nah jika seseorang mengalami sirosis, kecenderungan untuk muntah darah sangatlah tinggi.

7.Kerongkongan meradang

Muntah yang terjadi secara terus menerus saat hamil dapat menyebabkan kerongkongan tergores. Goresan ini akan membuat pembuluh darah di kerongkongan menjadi melebar dan bisa menimbulkan pendarahan. Sehingga ketika suatu saat terjadi muntah lagi, darah pun akan ikut keluar.

Sekarang sudah tau kan apa saja penyebabnya? Kalau begitu tetap jaga kesehatan dan hindari apa yang bisa memicunya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *