Cara Menjaga Kesehatan Hati
Tips Hidup Sehat

Cara Menjaga Kesehatan Hati Yang Perlu Kamu Tahu

Organ hati atau yang biasa dikenal juga dengan liver merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia.

Hati memiliki warna kecoklatan dengan berat sekitar 1,5 kg. Letaknya berada pada rongga perut kanan bagian atas dan tepat berada di bawah rusuk kanan.

Organ ini memiliki 2 bagian, kanan dan kiri. Dimana pada bagian kanannya 6 kali lebih besar dibanding bagian kiri yang bersembunyi di bawah tulang rusuk. Karena itulah, jika terjadi gangguan pada hati, terkadang bisa menyebabkan nyeri di bagian tersebut.

Organ ini sendiri memiliki lebih dari 100 fungsi yang sangat penting untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Kemampuan hati dalam multitasking membuatnya menjadi salah satu organ tersibuk di dalam tubuh selain jantung, ginjal, dan otak.

Hati juga menjadi pertahanan hidup dan memiliki peran di hampir semua fungsi metabolism dalam tubuh manusia.

Organ ini bahkan memiliki kapasitas cadangan yang besar dengan fungsi jaringan yang berguna sebagai pertahanan tubuh. Mereka juga memiliki kemampuan regenerasi yang bisa dibilang sangat mengagumkan.

Kesibukan hati saat menjalankan tugasnya dilakukan oleh sebuah sel hati bernama hepatosit. Jutaan hepatosit yang ada di dalam tubuh lah yang membuatnya bisa menjalankan tugas dengan baik.

Hati memiliki 4 fungsi utama, yaitu sebagai pelindung tubuh serta mesin pembuangan racun, sebagai tujuan akhir sel darah merah, memproduksi menyimpan hingga mengedarkan gula ke seluruh bagian tubuh, dan mengelola vitamin serta imunitas tubuh.

Hal ini berarti hati memiliki peran yang sangat penting dan kita harus menjaganya. Namun, bagaimana sih cara yang tepat unuk menjaga hati? Yuk simak di bawah.

1.Imunisasi Sejak Dini dan Hati-Hati Dalam Mengonsumsi Obat

Imunisasi Sejak Dini dan Hati-Hati Dalam Mengonsumsi Obat

Hepatitis merupakan sebuah jenis penyakit peradangan hati yang bisa dicegah dengan memberikan imunisasi sejak dini.

Seperti imunisasi hepatitis B yang diberikan semenjak bayi baru lahir serta dilakukan dengan beberapa tahap.

Begitu pula dengan vaksin hepatitis A yang berguna untuk mencegah tubuh kita terjangkut suatu penyakit tertentu.

Kalian bisa membawa anak kalian ke dokter maupun ke sarana kesehatan setempat misalnya puskesmas untuk mendapat vaksin secara teratur.

Selain itu, karena hati memiliki fungsi untuk mengubat zat obat menjadi aktif atau netral, kalian harus berhati-hati dalam memilih obat.

Karena, memakan obat yang berlebihan bisa menjadi racun bagi hati dan memperberat fungsi kerja hati.

2.Minum Banyak Air dan Makan Makanan Bergizi

Minum Banyak Air dan Makan Makanan Bergizi

Air memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita. Karena, mereka bisa menghilangkan racun serta melakukan proses penyerapan nutrisi yang baik bagi tubuh,

Menonsumsi air dalam jumlah yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh bisa membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan.

Namun, jika kalian memiliki penyak8it sirosis atau hati yang mengalami pengerutan, kalian jutsru perlu mengurangi cairan agar tubuh tak terlalu mengandung cairan.

Selain itu, kalian juga perlu mengatur makanan baik dalam jenis maupun jumlahnya dengan tepat agar hati bisa memberikan yang terbaik dalam pengaturan lalu lintas metabolism tubuh.

Kalian juga akan membanu meringankan kerja hati jika makan dengan baik. Fatty liver atau perlemakan hati biasanya terjadi karena kalian tak bisa mengontrol jumlah karbohidrat serta lemak yang kalian konsumsi.

Itulah 2 cara untuk menjaga kesehatan hati yang sangat penting bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *