Kesehatan Jasmani

Ini 10 Bahaya Yang Mengancam Perokok Pasif

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok, namun menghirup asap rokok dari orang lain yang sedang merokok. Sedangkan perokok aktif adalah orang yang suka merokok. Tentunya jika dilingkungan kamu banyak yang merokok dan kamu setiap hari selalu menghirup asapnya, ini bisa menjadi bahaya bagi kamu sendiri lho. Karena asap rokok akan bertahan di udara sampai 2,5 jam.

Bukan berarti kamu tidak merokok aman-aman saja guys!! Melainkan kamu yang menghirup juga akan terkena dampaknya lho.

Dibawah ini kami akan berikan beberapa dampak yang bisa terkena bagi perokok pasif, seperti :

1. Asma

Pertama yang akan kami jelaskan bahaya perokok pasif yaitu bisa terserangnya penyakit asma. Awal mulanya, mungkin hanya sesak nafas saja, namun semakin sering kamu menghirup asap rokok perkembangan pernapasan kamu juga akan semakin memburuk.

2. Masalah Pernapasan

Tak hanya terserang penyakit asma saja, yang menjadi faktor utama dari dampak perokok pasif juga bisa bermasalah dengan pernapasan. Yang perlu kamu ketahui, masalah pernapasan sulit disembuhkan lho!! Hal ini juga bisa diserang oleh anak-anak hingga orang dewasa. Sebaiknya, jika kamu tidak ingin terjangkit penyakit yang satu ini, hindari orang merokok. Karena asap rokok akan bertahan hingga 2,5 jam lho.

3. Kanker Paru-Paru

Tak hanya perokok aktif saja yang bisa terjangkit kanker paru-paru, melainkan non-perokok juga bisa mengalaminya lho.

Sudah terbukti bahwa meningkatnya perokok pasif hingga 20% – 30% yang diperkirakan terkena penyakit kanker dan yang paling membahayakannya lagi adalah kanker paru-paru.

4. Serangan Jantung

Bahan kimia yang bisa menyebabkan perokok pasif sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh yaitu resiko serangan jantung atau stroke. Karena bahayanya asap rokok akan membuat pembulu darah kita terganggu, sehingga membuat arteri ditubuh kamu tersumbat.

5. Terserang Penyakit Koroner

Sebenarnya penyakit koroner itu bisa disebabkan adanya penyakit jantung bawaan. Namun resiko perokok pasif juga dapat mengalami penyakit yang sangat membahayakan ini.

6. Kekebalan Tubuh Rendah

Waspada!!! Resiko yang bisa dialami bagi perokok pasif untuk anak-anak yaitu menurunnya kekebalan tubuh. Karena jika anak-anak terlalu sering menghirup asap rokok, maka sistem kekebalan tubuh mereka juga tidak berfungsi lho. Yang menjadi fatal bagi anak-anak adalah sering mengalami jatuh sakit.

7. Kematian Prematur

Bahaya selanjutnya bagi perokok pasif, khususnya ibu yang sedang hamil adalah kematian janin yang masih ada didalam tubuh. Karena kurangnya menghirup jumlah oksigen yang ada di tubuh seorang ibu, dan bisa menyebabkan bayi menghirup asap rokok yang berbahaya ini.

8. Gangguan Pendengaran

Bagi kamu yang belum mengetahui!! Bahwa perokok pasif juga dapat membahayakan bagi kamu khususnya anak kecil. Karena semakin sering menghirup asap rokok yang ada dilingkungan kamu bisa menyebabkan tuli. Dampak yang akan terjadi yaitu mengalami infeksi telinga tengah dan sulit untuk mendengar.

9. Penyakit Katarak

Penyakit yang satu ini, tak hanya dialami oleh manula saja, melainkan kamu bisa mengalami 2 kali lipat peningkatan terkena katarak. Jika kamu terlalu sering terkena asap rokok, maka yang terjadi kamu juga bisa mengalami kebutaan.

10. Kering Pada Mata

Kondisi yang terakhir kami bahas adalah kamu juga bisa menyebabkan mata menjadi kering, jika terlalu sering berada dilingkungan orang perokok.

Pastinya kamu pernah kan merasa mata pedih?? Tentunya karena kamu terlalu lama berada dikerumunan orang yang merokok. Hal ini sebaiknya harus kamu hindari. Mata kamu juga bisa mengakibatkan lebih merah dan terasa lelah lho.

Nah, itulah 10 bahaya yang dialami bagi perokok pasif. Sebaiknya kamu lebih menghindari orang-orang yang sedang merokok. Karena bisa kamu baca diatas!! Bahaya yang menghantui tak hanya satu atau dua saja, melainkan akan terkena penyakit yang membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *